Ciri Kehamilan Sebagai Tanda Wanita Hamil Muda


Ciri-ciri awal kehamilan memang terkadang berbeda-beda pada tiap wanita, namun ciri – ciri orang hamil muda tersebut dapat kita simpulkan secara umum. Kadang kita selalu bertanya-tanya saat kita mual dan selalu pengen muntah, apakah saya hamil ? Nah, salah satu ciri kehamilan tidak selalu menjamin jika anda telah mengandung seorang bayi yang mungkin sudah anda tunggu-tunggu. Sebaiknya anda ketahui juga ciri – ciri orang hamil 1 minggu sebagai tanda awal kehamilan.

Ciri-Ciri Awal Kehamilan.

Kehamilan adalah sebuah anugrah dari Tuhan untuk kita jaga dengan sebaik-baiknya. Untuk itu kita perlu mengetahui ciri-ciri awal kehamilan ini untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan, misalnya terjadinya keguguran saat hamil muda. Ciri-ciri kehamilan ini pada dasarnya bisa juga diketahui oleh orang lain atau orang terdekat kita, namun anda sendirilah yang paling bisa merasakan dan mengetahui dengan mencocokan berbagai tanda kehamilan. Akan saya jabarkan ciri wanita hamil pada poin-poin dibawah ini :

  • Adanya bercak darah sebagai tanda awal kehamilan.

 

Setelah kurang lebih 6 hingga 12 hari setelah pembuahan terjadi, maka calon janin akan menempel pada dinding rahim. Saat awal proses menempelnya calon janin ini kedalam dinding rahim inilah terkadang terjadi pendarahan pada wanita ataupun kram pada perut. Hal inilah yang pada beberapa wanita menyebabkan timbulnya bercak-bercak. Tidak semua wanita akan mengalami bercak saat awal kehamilan, namun bercak inilah yang menjadi ciri-ciri paling awal yang terjadi jika orang sedang hamil.

Bercak darah ini muncul sebelum menstruasi yang akan datang, biasanya terjadi antara 8-10 hari setelah terjadinya ovulasi. Bercak darah ini disebabkan oleh implantasi (implantation bleeding) atau menempelnya embrio pada dinding rahim. Munculnya bercak darah pada saat kehamilan kadang disalah artikan sebagai menstruasi. 

  • Terlambat atau terganggunya siklus menstruasi.

 Terlambatnya menstruasi sudah menjadi hal umum terjadi pada wanita, namun perlu anda ketahui bahwa hal inilah yang menjadi tanda awal yang pasti akan terjadi jika seseorang sedang hamil. Ciri inilah yang biasanya membuat kita langsung melakukan test kehamilan. Memang benar, jika anda sedang hamil maka anda tidak akan menstruasi pada periode berikutnya. Namun pada beberapa wanita ada juga yang tetap mengeluarkan darah namun dalam waktu yang relatif singkat, tidak seperti saat menstruasi seperti biasanya.

Namun tidak semua keterlambatan tersebut diartikan sebagai kehamilan. Anda bisa saja telat haid karena stres, diet atau gangguan hormonal. Selain itu, beberapa wanita juga bisa mengalami pendarahan atau spotting (timbul bercak darah). Segera konsultasikan ke dokter mengenai masalah tersebut. 

  •  Payudara menjadi lebih lembut

Nyeri atau kesemutan di payudara adalah salah satu gejala kehamilan yang paling umum. Di awal kehamilan, payudara akan mengisi dan berubah bentuk karena mempersiapkan diri untuk menghasilkan ASI. Payudara pun bisa menjadi sangat lembut dan sensitif selama beberapa bulan. 

Namun perlu dicatat, menurut ahli laktasi, Teresa Pitman, tidak semua wanita mengalami perubahan ini, terutama jika mereka telah menggunakan pil KB. Selain payudara yang membengkak, salah satu tanda lainnya adalah dengan area aerola warnanya menjadi lebih gelap. Perubahan sensitifitas dan kelembutan payudara ini biasanya terjadi saat 7 – 14 hari setelah adanya pembuahan.

  •  Mudah Lelah atau Capek.
http://wawasancepat.blogspot.com/ 

Pada minggu pertama hamil maka anda akan merasa mudah capek atau merasa lelah melakukan kegiatan sehari – hari yang biasanya tidak anda lakukan tanpa mengeluh kecapekan. Sedikit tekanan saja bisa membuat anda stress dan capek.

Rasanya Anda ingin bermalas-malasan saja di tempat tidur. Hal ini terjadi karena tubuh sedang menyesuaikan diri dengan adanya makhluk baru. Peningkatan hormon progesteron juga sering dihubungkan dengan tanda keempat ini. Selain itu Anda bisa jadi mudah lelah karena menurunnya kadar gula darah dan tekanan darah. 


  • Mual – mual pada pagi hari atau Morning Sickness.
http://wawasancepat.blogspot.com/ 

Morning sicness adalah salah satu ciri-ciri awal kehamilan. Mual – mual yang anda rasakan pada pagi hari akan terasa lebih sering anda rasakan pada 2 hingga 8 minggu usia kehamilan anda. Terkadang hal ini mengganggu pada beberapa wanita, karena intensitas yang terlalu sering, bahkan tidak cuma pada pagi hari.

Mual adalah gejala kehamilan yang paling umum. Rasa mual itu terjadi karena peningkatan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotrophin). Peningkatan hormon HCG ini menyebabkan efek pedih pada lapisan perut sehingga menimbulkan rasa mual. Biasanya rasa mual ini akan pergi seiring Anda memasuki trimester kedua kehamilan. Selain mual, Anda juga merasa lebih sensitif pada bau tertentu. Sejumlah peneliti menduga, gejala ini terjadi agar wanita hamil tidak mudah makan sembarangan sehingga melindungi bayi dari racun yang berbahaya. 

  • Sakit Punggung.
http://wawasancepat.blogspot.com/ 

Sakit pada punggung bagian bawah bisa menjadi tanda-tanda awal kehamilan, namun ini bukan menjadi suatu kepastian apakah anda telah hamil apa tidak. Karena sakit punggung inipun kadang terjadi bisa karena memang anda sedang capek. 

Akan tetapi, pada umumnya sakit punggung ini pasti akan anda rasakan saat anda mengandung mengingat adanya beban lebih pada perut anda yang membuat punggung menjadi lebih banyak tegang.

  • Sakit Kepala.

 
Sakit kepada pada awal kehamilan terjadi karena adanya perubahan hormon tubuh yang terjadi secara mendadak dan dalam jumlah banyak.

Gangguan pusing dan sakit kepala yang sering dirasakan oleh ibu hamil diakibatkan oleh faktor fisik; rasa lelah, mual, lapar dan tekanan darah, rendah. Sedangkan penyebab emosional yaitu adanya perasaan tegang dan depresi. Selain itu peningkatan pasokan darah ke seluruh tubuh juga bisa menyebabkan pusing saat ibu berubah posisi. 

  • Sering Buang Air Kecil.

 Pada usia kandungan antara 6 sampai 8 minggu mungkin anda akan semakin sering kekamar mandi karena harus buang air kecil. Hal ini wajar dan terjadi pada masa awal kehamilan anda.

Saat hamil, janin yang tumbuh di rahim akan menekan kandung kemih sehingga frekuensi buang air kecil pun akan bertambah. Kandung kemih juga lebih cepat dipenuhi urine dan keinginan untuk buang air kecil menjadi lebih sering. 

 


  • Penggelapan pada area puting payudara.
http://wawasancepat.blogspot.com/

Selain payudara yang lebih peka dan menjadi lebih lembut, anda mungkin akan menjumpai penggelapan pada puting payudara anda sebagai ciri awal bahwa anda sedang hamil.

  • Ngidam.
http://wawasancepat.blogspot.com/

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ngidam adalah bagian dari ciri – ciri orang hamil muda. Anda akan merasa sangat ingin memakan makanan tertentu yang dalam keadaan normal mungkin anda tidak menyukai makanan tersebut. Biasanya anda ingin makan makanan dengan rasa yang menyengat seperti asem atau pedas. 

Hal ini sangat normal dan sering dialami oleh wanita hamil. Tanda – tanda kehamilan seperti ini tidak hanya akan terjadi pada awal kehamilan, namun bisa terjadi selama 9 bulan penuh. Ngidam adalah hal yang sangat normal, karena ngidam disebabkan oleh perubahan hormon pada tubuh anda.
Ciri-Ciri awal kehamilan sebagai tanda wanita hamil muda diatas dapat anda jadikan sebagai pedoman dan kewaspadaan terhadap kandungan anda. Pengetahuan dini tentang hamil muda ini dapat menolong anda dari bahaya keguguran, karena ketidak waspadaan anda dengan melakukan pekerjaan berat disaat hamil muda.

  • Perubahan Mood. 
http://wawasancepat.blogspot.com/

Wanita hamil memiliki mood yang mudah berubah. Bisa saja di satu waktu Anda merasa sangat bahagia, namun beberapa waktu kemudian Anda jadi marah pada suami hanya krena masalah sepele. Tidak perlu mengkhawatirkan perubahaan mood ini karena normal. 

Mood berubah karena terjadinya perubahan hormon secara drastis di tubuh Anda. Kalau Anda belakangan merasakan hal tersebut, itu terjadi karena tubuh sedang menyesuaikan diri dengan kehadiran hormon baru. 

  • Kram Perut.
http://wawasancepat.blogspot.com/

Selain itu, keluarnya bercak darah biasanya diikuti oleh kram perut. Kram perut pada kondisi terjadinya kehamilan akan terjadi secara teratur. Dan kondisi kram perut ini, akan terus berlanjut sampai kehamilan trimester kedua, sampai letak uterus posisinya berada ditengah dan disangga oleh panggul.

 
  • Sembelit.
http://wawasancepat.blogspot.com/

Sembelit terjadi akibat peningkatan hormon progesterone. Hormon ini selain mengendurkan otot-otot rahim, juga berdampak pada mengendurnya otot dinding usus sehingga menyebabkan sembelit atau susah buang air besar. Namun keuntungan dari keadaan ini adalah memungkinkan peyerapan nutrisi yang lebih baik saat hamil.

  • Naiknya temperatur basal tubuh.
http://wawasancepat.blogspot.com/

Jika terjadi kehamilan atau ovulasi, maka suhu basal tubuh ibu akan meningkat. Kondisi ini akan bertahan selama terjadinya kehamilan. Kondisi ini tidak akan turun ke kondisi sebelum terjadinya ovulasi.

  • Sensitif pada bau
http://wawasancepat.blogspot.com/


Anda tak tahan pada segala macam bau, terutama aroma makanan tertentu. Saking tak tahannya, bau tertentu bisa membuat Anda mual dan muntah.

  • Gejala PMS
http://wawasancepat.blogspot.com/

Anda merasakan gejala PMS yang sama seperti yang Anda rasakan setiap bulan. Perut kembung, sakit pinggang, nyeri pada payudara, bahkan nafsu makan yang meningkat. Tapi, kok belum haid juga ?

  • Positif tes kehamilan.

Hasil uji test pack menunjukkan tanda positif! Apakah itu artinya Anda benar-benar hamil? Belum tentu! Anda baru akan mendapat jawaban yang akurat, setelah pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan USG.

  • Ada janin yang berkembang di dalam rahim Anda.
http://wawasancepat.blogspot.com/

Pemeriksaan USG menunjukkan titik kecil yang bergerak-gerak di dalam kantung kehamilan? Selamat, Jaga perkembangan si kecil hingga tiba waktunya bersalin.
Poin di atas merupakan gejala awal kehamilan yang umum dan biasa terjadi pada wanita yang sedang hamil muda. Namun tentu tidak semua wanita akan mengalami ha tersebut. Utuk memastikannya, periksakan segera ke dokter kandungan atau bidan Anda.



Baca Juga Artikel Kami : 

"Tips Agar Cepat Hamil"
"Penyebab masalah kesuburan"
"Menghitung masa subur"



SEMOGA BERMANFAAT

Share this article :
 
Editor : WawasanCepat
Copyright © 2011. Wawasan Cepat - All Rights Reserved

Selamat Datang bahasa inggrisnya welcome

Selamat datang di blog Wawasancepat, saya harap anda senang berada diblog sederhana ini. Blog ini saya tulis dengan komputer yang sederhana dan koneksi internet yang juga sederhana. Saya berharap Anda sering datang kembali. Silahkan anda mencari hal-hal yang baru di blog saya ini Selengkapnya tentang blog ini

Sekilas tentang Arie

Photo di samping itu bukan saya dan juga bukan pacar saya, pokoknya bukan siapa-siap saya. Nama saya Arie saya seorang yang ingin belajar blogger. Saya mulai belajar blogger sejak bulan januari 2014, dan blog ini saya buat pada bulan Januari 2014

Navigasi

Social Stuff

Info