Buah Apel dan Manfaatnya bagi Manusia

 
http://wawasancepat.blogspot.com/

Manfaat buah Apel,Apel atau Malus domestica adalah buah yang pada mulanya berasal dari Asia Tengah, namun seiring dengan perkembangannya buah apel saat ini sudah tersebar merata keseluruh Dunia. 

Apel merupakan salah satu buah yang identik dengan warna kulit buah yang merah. Hampir semua orang tentu tak asing lagi dengan bentuk dan rasa apel itu sendiri. Buah ini banyak tersedia di pasar, supermarket atau tempat perbelanjaan yang lebih besar. Karena di golongkan kedalam buah-buahan, maka apel tentunya mengandung berbagai nutrisi serta vitamin yang berperan penting dalam meningkatkan kualitas kesehatan tubuh seseorang. Untuk itulah, mulailah rutin mengkonsumsi buah ini, untuk menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit. 

Lalu, apa saja manfaat ajaib apel bagi kesehatan tubuh tersebut....??? 

Tapi sebelum itu kita lihat dulu, apa - apa saja yang terkandung didalam buah ini : 

Kandungan Buah Apel :

Kalori (kal) : 58g 

Zat Besi : 0,3g

Kalsium : 6g

 Lemak : 0,4g

Vitamin A : 90g

Vitamin C : 5g

Protein : 03g

 Air : 84,1g

dll.

Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh.

- Mengurangi resiko serangan kanker.

http://wawasancepat.blogspot.com/

Manfaat buah apel salah satunya dapat untuk mencegah serangan kanker. Hal ini dikarenakan, kandungan yang bernama flavonoid yang dapat bermanfaat untuk menangkal berbagai jenis serangan kanker yang sewaktu-waktu dapat menyerang tubuh Anda. 

- Menjaga kesehatan gigi.

http://wawasancepat.blogspot.com/

Dengan mengkonsumsi secara rutin, buah apel dapat merangsang produksi air liur pada mulut. Sehingga dapat mencegah terjadinya pengkroposan pada gigi dan dapat tetap menjaga gigi Anda tetap sehat.

- Mencegah dehidrasi.

http://wawasancepat.blogspot.com/

Buah apel dapat bermanfaat untuk mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. 85% kandungan buah apel terdiri dari air. Dengan mengkonsumsi apel, Anda dapat terhindar dari dehidrasi.

- Mencegah serangan jantung dan menurunkan tekanan darah tinggi.

http://wawasancepat.blogspot.com/

Apel dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung serta dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan apel dapat mencegah kolesterol dalam tubuh.Organ Jantung Lebih Sehat. Ini dikarenakan, adanya kandungan senyawa fenolik yang terdapat pada kulit apel. Untuk itulah, Cucilah dulu dengan air yang mengalir, sebelum makan buah apel beserta kulitnya.

- Menangkal radikal bebas.

http://wawasancepat.blogspot.com/

Pada kulit apel dapat memproduksi zat bernama kuersetin. Zat kuersetin adalah sejenis zat yang berfungsi untuk menangkal serangan radikal bebas dan juga dapat berfungsi untuk melawan penuaan dini.

- Mencegah diare dan sembelit.

http://wawasancepat.blogspot.com/

Manfaat buah apel juga dapat untuk mencegah penyakit pada sistem pencernaan seperti diare dan sembelit. Kandungan serat pada apel yang tinggi mampu untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Sehingga dapat mengatasi gangguan sistem pencernaan seperti diare maupun sembelit.

- Mencegah diabetes.

http://wawasancepat.blogspot.com/

Hal Ini dikarenakan, kulit apel memiliki kandungan senyawa fenolik. Untuk itulah disarankan, untuk mencuci terlebih dahulu dengan air yang mengalir, sebelum Anda makan buah apel beserta kulitnya.

- Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

http://wawasancepat.blogspot.com/

Kandungan antioksidan pada buah apel yang bernama quercetin dapat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh tubuh, agar seseorang tidak mudah terkena penyakit terutama pada saat cuaca yang tidak bersahabat.

- Penglihatan yang lebih jernih.

http://wawasancepat.blogspot.com/

Dengan rutin mengkonsumsi buah apel setiap hari dapat berperan besar untuk mencegah datangnya berbagai gangguan kesehatan mata salah satunya katarak. 

- Menjaga Berat Badan Tetap Ideal.

http://wawasancepat.blogspot.com/

Ini dikarenakan, memiliki berat badan yang berlebihan dapat memicu datangnya berbagai penyakit seperti penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2 serta tekanan darah tinggi yang mengancam jiwa anda. 

- Mencegah Risiko Alzheimer. 

http://wawasancepat.blogspot.com/

Sebuah penelitian pada tikus menunjukkan bahwa mengonsumsi jus apel mampu mencegah penuaan otak. Tikus dalam penelitian yang mengonsumsi apel menunjukkan hasil tes yang lebih baik dalam hal kemampuan kognitif. 

- Menyehatkan payudara wanita. 

http://wawasancepat.blogspot.com/

Dengan mengkonsumsi buah apel secara teratur maka kanker payudara wanita bisa di cegah sejak dini. 


- Menyehatkan organ hati.  

http://wawasancepat.blogspot.com/

Anti oksidan dalam buah apel bisa melindungi hati dari serangan kanker, karena itulah khasiat buah apel bisa untuk menyehatkan hati.

- Menurunkan berat badan.

http://wawasancepat.blogspot.com/

Apel memiliki serat yang dapat membantu pencernaan, jdi khsiat buah apel juga bisa untuk menurunkan berat badan. 

- Membantu kerja usus halus. 

http://wawasancepat.blogspot.com/

Mengkonsumsi apel secara teratur bisa mencegah konstipasi dan gangguan pencernaan lainnya. 

- Mengembalikan stamina tubuh. 

http://wawasancepat.blogspot.com/

Sama seperti manfaat telur, buah apel juga bisa mengembalikan stamina tubuh karena kandungan kalium dan enzim yang dapat meredakan kelelahan  dan mengurangi asam laktat dalam tubuh.

- Mencegah dan mengobati rematik.

http://wawasancepat.blogspot.com/

Kandungan nutrisi dalam buah apel di percaya bisa mngobati penyakit reumatik.  

- Merawat kesehatan kulit.

http://wawasancepat.blogspot.com/

Nutrisi yang terkandung dalam buah apel bisa merawat kulit, bahkan bukan cuma kulit tubuh tetapi juga bisa merawat kulit wajah sehingga banyak orang yang menggunakan buah apel untuk obat jerawat.Menekan sel kanker paru-paru>> Hal ini di buktikan dengan studi yang melibatkan 10.000 orang dimana orang yang mengkonsumsi apel tidak bersiko terkena kanker paru-paru sebanyak 50%.  

- Mengobati dan mencegah penyakit asma.

http://wawasancepat.blogspot.com/

Menurut penelitian, anak-anak yang sering minu jus apel tidak terserang penyakit asma. 

- Mencegah osteoporosis.

http://wawasancepat.blogspot.com/

Masa tua akan di alami oleh semua orang. Bagi siapa saja yang tidak ingin mengalami osteoporosis maka dari sekarang knsumsi buah apel karena menurut penelitian manfaat buah apel bisa untuk merawat tulang.

- Mencerdaskan otak. 

http://wawasancepat.blogspot.com/

Selain untuk mencegah pikun, buah apel juga bisa mencerdaskan otak karena mengandung Asetilkolin di dalamnya.

Khasiat buah apel ternyata sangat luar biasa, selain bisa mencegah dan mengobati penyakit buah apel juga sangat baik untuk merawat kecantikan. Mengapa tidak? seperti yang di sebutkan di atas khasiat buah apel juga bisa melangsingkan tubuh, merawat kulit dan merawat gigi. itu semua salah satu simbol dari kecantikan dan dijaga oleh para wanita. Jadi kesimpulannya khasiat buah apel ini bisa buat kesehatan dan juga kecantikan.

 

Baca Juga artikel kami dibawah ini :

Manfaat durian bagi kesehatan kita

 

 

 

SEMOGA BERMANFAAT

Share this article :

+ komentar + 1 komentar

28 September 2020 at 14:23

wih mantab ya manfaat buah Apel nya

Post a Comment
 
Editor : WawasanCepat
Copyright © 2011. Wawasan Cepat - All Rights Reserved

Selamat Datang bahasa inggrisnya welcome

Selamat datang di blog Wawasancepat, saya harap anda senang berada diblog sederhana ini. Blog ini saya tulis dengan komputer yang sederhana dan koneksi internet yang juga sederhana. Saya berharap Anda sering datang kembali. Silahkan anda mencari hal-hal yang baru di blog saya ini Selengkapnya tentang blog ini

Sekilas tentang Arie

Photo di samping itu bukan saya dan juga bukan pacar saya, pokoknya bukan siapa-siap saya. Nama saya Arie saya seorang yang ingin belajar blogger. Saya mulai belajar blogger sejak bulan januari 2014, dan blog ini saya buat pada bulan Januari 2014

Navigasi

Social Stuff

Info