Cara Meningkatkan Wawasan Anda


Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menambah pemikiran dan nalar kita untuk menjadi orang yang pandai, pintar, aktif dan cerdas selain di tempat - tempat khusus yang telah di sediakan seperti Lembaga - lembaga, Gedung - gedung sekolah, Universtitas dll. Dan disini saya akan menjelaskan sedikit bagian - bagian Cara menambah wawasan :
 
1. Pertama - tama jangan sungkan - sungkan untuk beribadah 


Berdo'a dan meminta kepada tuhan agar supaya apa yang kita harapkan dan apa yang kita impikan semua bisa tercapai.

2. Rajinlah membaca 


membaca adalah salah satu cara yang sangat ampuh untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan kita, mulai dari membaca apa yang kita sukai seperti halnya membaca novel, cerpen, sejarah, filsafat, dan masih banyak yang lainnya yang tentunya membuat nalar atau pemikiran kita semakin bertambah.

3. Memanfaatkan fasilitas 


Memanfaatkan fasilitas Yang ada di sekitar kita, seperti perpustakaan sekolah, perpustakaan kampus, perpustakaan umun dan media - media lainnya seperti Televisi (TV), Radio, dan Internet yang sekarang memang sudah umum dan populer kita gunakan, banyak sekali materi - materi pembelajaran di internet dan televisi yang dapat kita pelajari dengan mudah sesuai dengan keinginan kita seperti artikel - artikel, dokumen, dan buku - buku online yang bisa dengan mudah kita dapatkan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan.

4. Mengambil manfaat 


Dari melakukan banyak obrolan di waktu nongkrong atau bincang - bincang bersama teman - teman. Nah dari situ kita bisa ambil bagian - bagian yang bisa menambah pengetahun dari saling bertukar pemikran informasi yang belum kita pahami, sehingga dengan demikian akan terjadi diskusi atau obrolan yang mengarah pada pembelajaran yang bisa kita kembangkan dengan menyerap ilmu patner atau lawan bicara kita.

5. Selama ada kemauan distu pasti ada jalan


Menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan tidaklah sulit untuk di lakukan selama kita mau berupaya untuk melakukannya, seperti halnya pepatah mengatakan bahwa " Usaha keras akan membawakan hasil yang memuaskan pula ". Tapi jangan menggantungkan semuanya pada itu, karna kita juga tidak tahu takdir tuhan.
 
6.Mampu Mendengar dengan baik 


Adalah hal yang sangat perlu diperhatikan dan dilakukan oleh seseorang untuk mengasah bagaimana cara berwawasan dan berpikir secara baik. Saat ada seseorang yang memaparkan argumentnya, mengemukakan pendapatnya kepada anda, maka dengarkanlah dengan baik dan seksama atau seperti yang saya tuliskan pada awal paragraf yaitu mendegar dengan tulus. Seorang mahasiswa atau seorang murid sering sekali mengabaikan apa yang disampaikan oleh dosennya ketika belajar dengan berbagai alasan. Baik itu karena suasana kelas yang tidak mendukung atau bahkan karena gaya bahasa dan metode dosen menjelaskan yang tidak disukai oleh mahasiswa. 

Begitu juga halnya saat seseorang sedang dalam seminar yang tidak jarang didapatkan timbulnya kebosanan pendengar karena hal-hal yang terjadi seperti diatas. Ataupun pada saat anda mendengarkan berita di radio atau televisi. Baik berita tersebut menyangkut politik, sosial, budaya dan lain sebagainya yang mana disana juga terdapat pendapat-pendapat tokoh atau yang sering disebut sebagai pendapat dan opini. Ketika anda malas mendengarkan opini orang lain justeru hal tersebut yang membuat anda tertutup dalam berpikir dan tidak bisa menyerap banyak hal penting yang diungkapkan disana. Ubahlah diri anda yang malas mendengar opini orang lain yang menurut anda tidak penting menjadi rajin dan mendengarkan opini orang lain karena dengan begitu anda akan mendapatkan banyak wawasan dan ilmu pengetahuan tentang hal-hal yang disampaikan oleh orang lain. 

Menutup diri dari pendapat orang lain hanya akan menjadikan anda kurang ilmu dan kurangnya wawasan tentang hal-hal yang seharusnya penting untuk anda ketahui. Jadikanlah diri yang mampu mendengar dengan baik dan tulus agar bisa mendapatkan ilmu pengetahuan dan mengasah daya pikir untuk memperluas wawasan anda. 

7.Berdiskusi (Tukar pendapat) 


selain hal diatas yang sangat perlu diperhatikan, ada satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya untuk benar-benar diperhatikan dan dijalankan untuk mempermudah anda menyerap ilmu pengetahuan, mengasah pikiran dan memperluas wawasan berpikir yaitu berdiskusi. 

Berdiskusi adalah cara yang sangat efektif untuk menjadikan anda pandai, cepat berpikir dan dapat berwawasan luas. Diskusi merupakan arena tukar pendapat antara satu orang dengan orang lainnya sehingga dengan demikian anda dapat mengambil dan menyerap banyak ilmu dari apa yang ia sampaikan kepada anda dan anda dengan mudah dapat mengetahui jalannya pikiran orang tersebut. Ketika anda menyampaikan suatu argument yang menjadi kontraversi bagi banyak orang maka anda dapat mengetahuinya sebelum anda menyampaikannya. 

Hal itu dikarenakan adanya kritik atau saran yang disampaikan lawan bicara anda saat berdiskusi. Jikapun anda kekurangan ilmu dan wawasan pada suatu permasalahan maka anda dengan mudah bisa menanyakan hal tersebut kepada lawan bicara. Jika anda tidak menemukan jawaban pada satu orang maka anda harus mencobanya dengan orang lain. Yang pasti diskusi adalah ajarang tukar pendapat yang bisa menjadikan daya pikir anda berjalan dengan baik dan luar biasa, diskusi juga dapat menjadikan anda berilmu dan berwawasan luas, maka diskusi bisa menjadi salah satu hal paling penting dari tiga hal ini. 

Jangan berdiskusi hanya dengan satu orang, jangan hanya berdiskusi dengan orang yang punya alur pikiran sama dengan anda, jangan hanya berdiskusi dengan orang yang dekat dengan anda dan anda kenal, tapi anda juga harus mencari orang lain yang bvisa jadi berlawanan dengan alur pikiran anda, berbeda pendapat dengan anda dan orang yang bisa jadi baru saja anda kenal. Jika ingin memiliki wawasan luas maka janganlah membatasi diri hanya pada ruang lingkup satu hal saja atau satu orang saja.






SEMOGA BERMANFAAT




Share this article :
 
Editor : WawasanCepat
Copyright © 2011. Wawasan Cepat - All Rights Reserved

Selamat Datang bahasa inggrisnya welcome

Selamat datang di blog Wawasancepat, saya harap anda senang berada diblog sederhana ini. Blog ini saya tulis dengan komputer yang sederhana dan koneksi internet yang juga sederhana. Saya berharap Anda sering datang kembali. Silahkan anda mencari hal-hal yang baru di blog saya ini Selengkapnya tentang blog ini

Sekilas tentang Arie

Photo di samping itu bukan saya dan juga bukan pacar saya, pokoknya bukan siapa-siap saya. Nama saya Arie saya seorang yang ingin belajar blogger. Saya mulai belajar blogger sejak bulan januari 2014, dan blog ini saya buat pada bulan Januari 2014

Navigasi

Social Stuff

Info