Fakta Menarik Dari Seorang Susi Pudjiastuti


Sungguh pertaruhan yang besar diberikan Presiden Joko Widodo ketika memilih Susi Pudjiastuti. Seorang wanita yang tak lulus SMA yang kini menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia. Dalam dunia usaha nama Susi Pudjiastuti tak usah diragukan lagi. Berbekal modal pas-pasan, kini Susi Pudjiastuti memiliki bisnis beromset ratusan milyar. 

Dengan modal Rp750 ribu hasil menjual perhiasan dan berbekal pengepul ikan di pasar, kini Susi Pudjiastuti memiliki puluhan pesawat. Ia juga memiliki pabrik pengolahan ikan dengan ratusan pegawai. Ia juga memperkerjakaran para pilot, yang sebagian besar adalah pilot berwarga negara asing. 

Siapa sebenarnya sosok wanita unik penuh inspirasi ini ? ? Penasaran Bukan, Kenapa sich sosok seorang pudjiastuti bisa menjabat sebagai mentri Kelautan dan Perikanan indonesia, selain disamping ada iming - iming politik, cobalah anda melihat dari 2 sisi, jangan hanya melihat dari sisi politiknya saja.

Berikut fakta menarik tentang Susi Pudjiastuti :

1. Pintar tetapi Tidak Tamat SMA.

http://wawasancepat.blogspot.com/

Susi adalah anak yang pandai. Ketika sekolah, ia selalu mendapat peringkat pertama. Oleh karena itu, ia dikirim orang tuanya ke Yogyakarta di sekolah terbaik. Bisa dibilang ayah Susi, orang yang bercukupan. Ayahnya bekerja sebagi kontraktor bangunan. Ibunya tuan tanah dan petani perkebunan dan kelapa. Uang bukanlah masalah bagi keluarga Susi. Ketika ia keluar sekolah. Semua orang marah pada Susi. Begitu juga dengan sang ayah yang selalu membelikan Susi buku-buku sebagai bekal pendidikan.

Namun, kisah Susi Pudjiastuti memutuskan keluar dari SMA menjadi titik awal perjalanan hidupnya. Ia tak ingin menjadi anak yang disuplai biaya oleh orang tuanya. Agar tak meminta uang dari orang tuanya, Susi bersikeras untuk bekerja. Dengan bekal ijazah SMP, tentu Susi tak bisa berharap banyak diterima di perusahaan besar dengan gaji bagus.

Ia mulai berdagang dengan memasarkan BED COVER dari pintu ke pintu dan kemudian mencoba menjadi pengepul ikan karena Susi memang senang akan laut. Dengan modal pas-pasan hasil menjual kalung dan gelang, Susi mulai fokus menjadi pengepul ikan. Cerita sukses Susi bukanlah seperti membalikkan telapak tangan. Berbisnis ikan, tidak selalu bagus sepanjang tahun. Saat usaha ikannya sedang surut, Susi juga menjual katak dan ular. Siang tidur, malam berjibaku dengan urusan nelayan yang NOTABENE melaut saat malam hari.


2. Awal Mula Penyewaan Pesawat.

 

Pada tahun 2004, usaha Susi sudah membuahkan satu pesawat sebagai alat angkut hasil lautnya. Ketika bencana alam Tsunami melanda Aceh pada Desember 2004. Tanpa berpikir panjang, Susi memutuskan menggunakan pesawat Cessna yang dimiliki untuk mengangkut bala bantuan ke Aceh. Dan pesawat Susi-lah yang pertama kali mendarat di Aceh setelah bencana tersebut. Awalnya, Susi memberi bantuan sarana angkutan gratis selama dua minggu. Namun, amal yang berbuah manis. Para LSM lokal dan luar negeri, ingin menyewa pesawatnya. Dari sinilah, usaha penyewaan pesawat dimulai.

3. Masuk Daftar Pencarian Orang ( DPO ) / Terlibat Hukum.


Masih berkaitan dengan Tsunami di Aceh. Susi yang dasar bisnisnya hasil laut, mencoba memberi bantuan bahan bakar solar kepada nelayan-nelayan di Aceh agar kembali melaut. Untuk itu, Susi membeli 5.000 liter solar dari Medan, membawa dengan 250 jerigen dan diberikan secara gratis kepada para nelayan di Pulau Simeulue yang ingin kembali melaut.

Namun, apa yang terjadi. Susi Pudjiastuti justru menjadi buronan karena diduga menyelundupkan 5.000 solar. Nama Susi Pudjiastuti tertulis di koran-koran sebagai DPO. Kasus ini akhirnya selesai setelah penjelasan yang lengkap. " Akhirnya kasus saya itu ditangani oleh seorang pejabat di Kepolisian yang namanya Pak Kuntoro. Saya bilang kepada dia bahwa negara ini kok menjadi laknat ? ? Saya mau membantu, tapi kok malah dijadikan buronan? ? " ujar Susi.

4. Dikira Mata-mata Asing.


Memiliki suami seorang pilot berkebangsaan Jerman dan memperkerjakan banyak pilot yang berasal dari luar negeri, Susi Pudjiastuti dikira mata-mata asing. Padahal, Susi Pudjiastuti memperkerjakan pilot asing karena kesulitan mendapat pilot-pilot lokal. Sekalipun mendapat pilot lokal, gajinya justru lebih besar dari pilot asing.

Para pilot lokal lebih memilih bekerja di maskapai besar karena gaji yang ditawarkan pun besar. Sementara Susi Air, gaji rata-rata pilot di maskapai Susi Air lebih kecil dibandingkan pilot-pilot maskapai reguler.
Menanggapi dugaan mata-mata karena memperkerjakan pilot-pilot asing, Susi Pudjiastuti berbalik mempertanyakan hal tersebut. " Sekarang saya tanya, sebenarnya yang namanya nasionalis itu yang mana sih ? ? Apakah yang bosnya orang Indonesia tapi buruhnya orang asing ? ? Atau yang buruhnya orang Indonesia tapi bosnya orang asing ? ? Yang mana yang nasionalis ? ?" ujar Susi.

5. Merokok dan Memiliki Tato.

 

Mungkin tidak banyak wanita yang menjabat sebagai menteri atau pejabat negara di dunia yang merokok dan bertato. Dan baru kali ini, Indonesia memiliki menteri wanita yang merokok dan bertato tanpa khawatir imej - nya akan hancur. Dan tentu baru kali ini, seorang presiden mengangkat seorang menjadi menteri dengan mengesampingkan latar belakang pendidikan dan kebiasaan ' tak biasa ' seorang pejabat negara.  

Susi Pudjiastuti telah merokok sejak usia 15 tahun. Ia membeli rokok dengan uangnya sendiri. Susi pun memutuskan berhenti sekolah karena ingin mandiri. " Saya tidak suka sekolah, makanya saya keluar. Lalu saya harus bekerja supaya tidak meminta uang terus kepada orang tua. Saya tidak mau terus-terusan meminta karena saya tidak mau diatur mereka. Dengan bekerja dan punya uang sendiri, saya jadi melakukan apa saja, termasuk bisa membeli rokok sendiri yang sudah saya lakukan sejak berumur 15 tahun " jelas Susi.

Susi memiliki tato burung merak yang berada di tungkai kaki kanannya seperti yang digambarkan oleh Rustika Herlambang dalam tulisan " Berlayar dalam Gelombang ". 

Dari dulu, saya ini sudah dianggap the outsider katanya. Suara tokek dan derik binatang di kejauhan memecahkan keheningan malam. Dua botol white wine dan tonik, serta sebungkus rokok menjadi teman intimnya bercerita. Membuka memori yang mengendap di pikirannya. Tato burung merak menghiasi tungkai kaki kanannya. 

' Orang bilang saya ini suka bikin pusing sendiri ' lanjutnya. Waktu kecil, ia suka membawa orang gila yang ditemui di jalan untuk dimandikan di rumahnya dan diberi baju.

6. Prestasi yang Membanggakan - Banyaknya Penghargaan.

 

Selain mengurus usahanya di bidang pengolahan hasil laut dan bisnis pesawatnya, wanita yang tak tamat SMA ini kini sibuk menjadi dosen tamu di berbagai perguruan tinggi. " Saya sering menjadi dosen tamu di berbagai universitas dan perusahaan-perusahan besar dan berbicara sebagai entrepreneur, leader, dan lain sebagainya. Saya juga dipercaya sebagai Board of Directors di Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia bidang hubungan dalam negeri; serta menjadi Ketua Komisi Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah pada KADIN " terang Susi. 

Di samping itu, Susi juga banyak mendapat penghargaan dari berbagai pihak karena kisahnya yang menginpirasi, seperti : 

- Indonesia Berprestasi Award 2009 dari PT Exelcomindo.

- Pelopor Wisata dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat tahun 2004 

- Inspiring Woman 2005.

- Young Entrepreneur of the Year dari Ernst and Young Indonesia tahun 2005.

- Eagle Award 2006 dari Metro TV. 2006.

- Penghargaan Primaniarta sebagai UKM ekspor terbaik tahun 2005 dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.


- Primaniyarta Award for Best Small & Medium Enterprise Exporter 2005 dari Presiden Republik Indonesia. Tahun 2006.

- Metro TV Award for Economics-2006.

- Tokoh Wanita Inspiratif Penggerak Pembangunan, dari Gubernur Jawa Barat, 2008.

- Sofyan Ilyas Award dari Kementerian Kelautan dan Perikanan pada tahun 2009.

- Ganesha Widyajasa Aditama Award dari ITB, 2011.

- Award for Innovative Achievements, Extraordinary Leadership and Significant Contributions to the Economy, APEC, 2011.


Bagaimana sosok seorang buk mentri yang satu ini ? ? mengesankan kalo menurut pribadi saya sendiri, prestasi tidak diragukan lagi, jiwa sosial yang tinggi, dan masih banyak lagi. pendidikan semata tidak mengukur tingkat prestasi dan kemampuan seseorang dalam bekerja.




SEMOGA BERMANFAAT
Share this article :
 
Editor : WawasanCepat
Copyright © 2011. Wawasan Cepat - All Rights Reserved

Selamat Datang bahasa inggrisnya welcome

Selamat datang di blog Wawasancepat, saya harap anda senang berada diblog sederhana ini. Blog ini saya tulis dengan komputer yang sederhana dan koneksi internet yang juga sederhana. Saya berharap Anda sering datang kembali. Silahkan anda mencari hal-hal yang baru di blog saya ini Selengkapnya tentang blog ini

Sekilas tentang Arie

Photo di samping itu bukan saya dan juga bukan pacar saya, pokoknya bukan siapa-siap saya. Nama saya Arie saya seorang yang ingin belajar blogger. Saya mulai belajar blogger sejak bulan januari 2014, dan blog ini saya buat pada bulan Januari 2014

Navigasi

Social Stuff

Info