Fakta Jantung Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

 

Jantung ( bahasa Latin : cor ) adalah sebuah rongga, rongga organ berotot yang memompa darah lewat pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang. Istilah kardiak berarti berhubungan dengan jantung, dari kata Yunani cardia untuk jantung. Jantung adalah salah satu organ manusia yang berperan dalam sistem peredaran darah.

Jantung terletak dalam rongga dada agak sebelah kiri, di antara paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Massanya kurang lebih 300 gram, besarnya sebesar kepalan tangan. Jantung adalah satu otot tunggal yang terdiri dari lapisan endothelium. Jantung terletak di dalam rongga torakik, di balik tulang dada. Struktur jantung berbelok ke bawah dan sedikit ke arah kiri.

Jantung hampir sepenuhnya diselubungi oleh paru-paru, namun tertutup oleh selaput ganda yang bernama perikardium, yang tertempel pada diafragma. Lapisan pertama menempel sangat erat kepada jantung, sedangkan lapisan luarnya lebih longgar dan berair, untuk menghindari gesekan antar organ dalam tubuh yang terjadi karena gerakan memompa konstan jantung.

Jantung dijaga di tempatnya oleh pembuluh-pembuluh darah yang meliputi daerah jantung yang merata/datar, seperti di dasar dan di samping. Dua garis pembelah (terbentuk dari otot) pada lapisan luar jantung menunjukkan di mana dinding pemisah di antara serambi dan bilik jantung.

Ini adalah fakta menakjubkan tentang jantung yang mencengangkan : 
 
1. Sebuah studi terbaru peneliti Swedia menunjukkan ketika paduan suara, ritme jantung mereka tersinkronisasi.


2. Patah hati bisa menambah berat badan. Setelah mengalami peristiwa emosional, tubuh akan melepaskan hormon stres ke dalam aliran darah yang bisa membuat " shock " jantung dan bisa mengalami gejala serangan jantung.


3. Tidak ada yang tahu pasti mengapa jantung secara historis dikaitkan dengan cinta ( banyak peradaban kuno yang mengaitkan dengan emosi ) tetapi beberapa sejarawan Yunani menyimpulkan demikian.

4. Seperti yang dikatakan sebelumnya, kebahagiaan berpengaruh pada kesehatan jantung. Begitu juga dengan tawa, tertawa dapat mengalirkan darah 20% lebih banyak ke tubuh.


5. Jantung seorang wanita biasanya berdetak lebih cepat daripada laki-laki.


6. Ambil bola tenis dan remas dengan erat: itulah seberapa keras detak jantung bekerja memompa darah.


7. Pada tanggal 3 Desember 1967, Dr Christiaan Barnard mentransplantasikan jantung manusia ke dalam tubuh Louis Washansky. Meskipun penerima hanya hidup selama 18 hari, tapi dianggap transplantasi jantung pertama yang sukses.


8. Pada tahun 1929, ahli bedah asal Jerman, Werner Forssmann memeriksa bagian dalam jantungnya sendiri dengan benang kateter melalui vena lengannya. Ini adalah kateterisasi jantung pertama, sekarang jadi prosedur umum.


9. Karena jantung memiliki impuls listrik sendiri, bahkan ketika dipisahkan dari tubuh, asalkan memiliki pasokan oksigen.

10. Alat pacu jantung pertama terhubung ke dinding.



11. Sebuah katup jantung yang normal ukurannya sekitar setengah dolar.


12. Kemungkinan mengalami serangan jantung lebih besar pada hari Senin pagi daripada hari lain.

13. Puncak serangan jantung terjadi saat Hari Natal, diikuti tanggal 26 Desember, kemudian Tahun Baru.

14. Bahagia, tidak stres, olahraga, dan pola makan yang sehat akan menjaga jantung Anda tetap sehat.


15. Bahkan telah ditemukan di mumi pada 3.000 tahun yang lalu.

16. Penyakit jantung masih merupakan ancaman terbesar bagi kesehatan Anda.


17. Semakin tinggi jenjang pendidikan, semakin rendah mengalami resiko penyakit jantung.


18. Paus biru memiliki jantung terbesar yang dihargai £ 1500.


19. Sel sel jantung mulai terbentuk pada 4 minggu pertama.

20. Rata-rata selama hidup, jantung akan memompa hampir 1,5 juta barel darah, cukup untuk mengisi 200 tangki kereta api.


21. Sebagian besar otot jantung bekerja selama hidup.

22. Hanya kornea yang tidak menerima suplai darah.

 

23. Jantung memompa darah ke semua 75 triliun sel tubuh.

24. Selama hidup, setara dengan mengemudi ke bulan.


25. Jantung menciptakan energi yang cukup untuk menggerakkan truk sejauh 20 mil.



Mengejutkan bukan ?? Fakta tentang jantung, sayangilah jantung anda dari sekarang, karena jantung sangat berperan penting dalam kehidupan.




SEMOGA BERMANFAAT

Share this article :
 
Editor : WawasanCepat
Copyright © 2011. Wawasan Cepat - All Rights Reserved

Selamat Datang bahasa inggrisnya welcome

Selamat datang di blog Wawasancepat, saya harap anda senang berada diblog sederhana ini. Blog ini saya tulis dengan komputer yang sederhana dan koneksi internet yang juga sederhana. Saya berharap Anda sering datang kembali. Silahkan anda mencari hal-hal yang baru di blog saya ini Selengkapnya tentang blog ini

Sekilas tentang Arie

Photo di samping itu bukan saya dan juga bukan pacar saya, pokoknya bukan siapa-siap saya. Nama saya Arie saya seorang yang ingin belajar blogger. Saya mulai belajar blogger sejak bulan januari 2014, dan blog ini saya buat pada bulan Januari 2014

Navigasi

Social Stuff

Info